(Sumber Fhoto : Google Search) |
Faktor-faktor yang memengaruhi
pembelajaran bahasa kedua
1. Motivasi:
Motivasi
a. Energi
yang mengerakkan suatu tindakan (hebb)
b. Alasan
untuk mencapai tujuan (Lambert);
c. Dorongannemosi,
atau keiginan yang menggerakkan (Brown)
Motivasi
intrinsik/integratif
Motivasi
ekstrinsik/instrumental (sesuatu yang berada dari luar dan digerakkan oleh
faktor luar
2. Lingkungan:
Lingkungan
formal, lingkungan belajar yang memfokuskan penguasaan kaidah-kaidah atau
aturan bahasa secara sadr dalam bhs target.
Terbagi atas
dua; deduktif (mengajarkan kaidah kemudian praktik) dan induktif (praktik daulu
kemudian kaidah).
a. Guru/instruktur;
1) Personal
2) Metode
3) Sumberbelajar
b. Lingkungan
sekolah
Lingkungan
informal, segala aktivitas berbahasa yang dilakukan tanpa memberi penekanan
pada penguasaan aturan bahasa secara
sadar.
a. Teman
sebaya
b. Orang
tua
c. Media
Empat kriteria
lingkungan bahasa yang berpengaruh terhadap PB2
a. Sifat
alami bahasa sasran
b. Cara
pembelajar berkomunikasi
c. Persediaan
acuan kongkret
d. Model
bahasa sasaran ( contoh )
3. Usia
a. Pengaruh
terhadap pelafalan
b. Pengaruh
terhadap gramatikal
c. Pengaruh
terhadap urutan pemerolehan
4. Fakotr
afektif (kepribadian)
a. Penghargaan
diri
1) Akademik
2) sosial
b. Kecemasan
c. Introversi
(pribadi yang tertutup)
5. Kualitas
pajanan
Pajanan
natural: memberi makna bagi anak
Pajanan
formal: memengaruhi kecepatan penguasaan kaidah
Bahasa pertama
Secara umum faktor yang meemngaruhi PB 2
SECARA INTERNAL
1. Motivasi
2. Usia
3. Afektif
Inteligensi
Secara eksternal
Faktor bahasa pertama
1. Pengaruh
B1 terhadap pelafalan
2. Pengaruh
b1 terhadap susunan kata
Faktor intelegensi
Intelegensi tinggi, kecepatan,
penguasaan