Komponen
lain yang harus diperhatikan dalam menyusun silabus adalah penentuan materi
pembelajaran. Materi pokok harus disusun sedemikian rupa agar dapat menunjang
tercapainya kompetensi. Materi pokok adalah pokok-pokok materi pembelajaran
yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dan yang akan
dinilai dengan menggunakan instrument penilaian yang disusun berdasarkan
indikator pencapaian belajar. Karena standar materi pokok telah ditetapkan
secara nasional, maka materi pokok tinggal disalin dari buku standar kompetensi
mata pelajaran. Sementara tugas para pengembang silabus adalah memberikan
jabaran atau materi pokok tersebut ke dalam uraian materi pokok atau biasa
disebut materi pembelajaran. Materi pembelajaran (instructional materials) adalah
pengetahuan, ketsserampilan, dan sikap yang harus diajarkan oleh guru dan
dipelajari peserta didik. Secara khusus, jenis-jenis materi pembelajaran
terdiri dari fakta, konsep, prinsip, prosedur, dan sikap atau nilai (Abdul
Gafur, 2004:2).
Selanjutnya,
materi pembelajaran atau pokok-pokok materi perlu dirinci atau diuraikan
kemudian diurutkan. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam merinci atau
menguraikan materi pembelajaran adalah menentukan jenis materi pembelajaran.
Isi mata ajar memberikan informasi yang diperlukan dalam pokok bahasan. Pada
gilirannya, informasi menumbuhkan pengetahuan yang merupakan tata hubungan
antara rincian fakta.
B.
Prinsip-prinsip
yang perlu diperhatikan dalam penyusunan materi
Pembelajaran/bahan ajar tersebut terbagi tiga, yaitu;
(1) prinsip
relevansi;
(2) prinsip
konsistensi,
(3) prinsip
kecukupan
Kriteria
pokok pemilihan materi pembelajaran adalah relevan dengan standar kompetensi
dan kompetensi dasar. Materi yang dipilih untuk diajarkan oleh guru dan harus dipelajari
peserta didik hendaknya materi yang benar-benar menunjang tercapainya standar
kompetensi dan kompetensi dasar. Materi pembelajaran aspek kognitif secara
terperinci dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu: fakta, konsep, prinsip, dan
prosedur Reigeluth, ( dalam Abdul Gafur, 2004:4).
C.
Jenis-jenis Materi Pembelajaran
1. Pengetahuan, meliputi:
a. Fakta
adalah kebenaran yang dapat diterima oleh nalar dan sesuai dengan kenyataan
yang dapat dikenali dengan panca indera. Fakta diperoleh dengan cara:
- Memperoleh sendiri dari sumber aslinya. Fakta didefinisikan dengan cara menggambarkan atau menafsirkan dari sumber yang asli
- Memperoleh sendiri dari sumber aslinya. Fakta didefinisikan dengan cara menggambarkan atau menafsirkan dari sumber yang asli
b. Fakta yang diperoleh dari orang yang
mengidentifikasi dengan jalan menyusunnya dalam bentuk interaksi reasoning
(Penalaran Abstrak)
Konsep adalah hasil penyimpulan tentang suatu hal
berdasarkan atas adanya ciri-ciri yang sama pada hal tertentu. Konsep ada
kalanya berkaitan dengan sesuatu obyek, sesuatu peristiwa atau berkaitan dengan
manusia. Strategi pencapaian konsep: - Strategi pemilihan - Strategi penerimaan
Prinsip adalah suatu pernyataan yang menjelaskan
tentang hubungan antara dua konsep atau lebih istilah prinsip kadang-kadang
disebut juga dengan aturan atau generalisasi.
2. Prosedur, yaitu materi pembelajaran yang berupa langkah-langkah melakukan suatu kegiatan secara berurut aslinya
2. Prosedur, yaitu materi pembelajaran yang berupa langkah-langkah melakukan suatu kegiatan secara berurut aslinya
3. Keterampilan adalah melakukan
suatu jenis kegiatan tertentu. Keterampilan ada 3 macam:
1) Rangkaian respon atau reaksi, yaitu merupakan
rangkaian gerakan-gerakan yang meliputi urutan tertentu untuk menyelesaikan
suatu pekerjaan tertentu
2)
Koordinasi gerakan, yaitu seseorang dituntut untuk memadukan sejumlah anggota
badan untuk melakaukan suatu pekerjaan
3) Pola-pola respon atau reaksi, yaitu berkaitan
dengan keterampilan mengorganisasi seluruh keterampilan yang dimiliki dalam
mereaksi rangsangan, sehingga dapat dipertunjukan suatu respon baru dalam
mereaksi rangsangan
4) Sikap
atau nilai yaitu berkaitan dengan sikap atau interest (minat) siswa mengikuti
materi pembelajaran yang disajikan guru, nilai-nilai berupa apresiasi
(penghargaan ) terhadap sesuatu dan penyesuaian perasaaan sosial.
Materi pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi
beberapa bagian, yaitu:
a. Materi
pembelajaran utama, yaitu materi pembelajaran pokok yang menjadi rujukan wajib
(compulsory learning resources) dalam suatu rangkaian kegiatan pembelajaran.
b. Materi pembelajaran penunjang (suplementary
reading materials) yaitu materi sekunder atau tersier yang keberadaannya
sebagai pelengkap dan pengayaan.
Sifat Materi Pembelajaran
a) Materi pembelajaran bersifat umum yang berisi hal-hal yang harus
dimiliki oleh seluruh siswa
b) Materi pembelajaran bersifat khusus yaitu yang diperlukan untuk
kepentingan tertentu
c) Materi pembelajaran bersifat deskriptif yang berisi fakta-fakta dan
prinsip-prinsip
d) Materi pembelajaran yang bersifat normatif yang berkaitan dengan
norma-norma, peraturan, moral dan estetika.