Wakil Bupati Pangkep Apresiasi Baksos Himaprodi PBSI FBS UNM

Terasedukasi.com--HIMAPRODI PBSI FBS UNM mengadakan Baksos di Desa Manakku Kabupaten Pangkep bertajuk “Bestari dalam Dedikasi; Abdi di Butta Marana,” yang bermakna bahwa pengetahuan, pendidikan, dan budi pekerti yang baik yang dituangkan dalam bentuk pengabdian untuk mengembangkan potensi yang ada di Kab. Pangkep. Pangkep, Selasa (28/1/2020).

Seperti yang dilaporkan Sukardi Weda, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Makassar, hadir dalam kegiatan pembukaan, yakni Wakil Bupati Pangkep, pimpinan SKPD, Ketua Prodi PBSI FBS UNM, Camat Labakkang, Danramil Kec. Labakkang Kapten Infantri Jonatthan P, Kadis Ketahanan Pangan, Kepala Desa Manakku, Kepala Desa Labakkang, para tokoh masyarakat, para guru dan siswa, dan turut hadir Wakil Dekan FBS UNM, Dr. Sukardi Weda.

Wakil Bupati Pangkep, Sahban Sammana, dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih atas kegiatan ini karena manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.
Karena itu Pemerintah Daerah mensupport sepenuhnya. Sahban Sammana berpesan kepada adik-adik mahasiswa “Jangan membuat kegiatan yang memberatkan, seperti membuat jembatan, buatlah kegiatan seperti penyuluhan dan kegiatan bermanfaat lainnya yang dapat dirasakan masyarakat,” tegasnya.

Mewakili Rektor UNM, Dr. Sukardi Weda menyampaikan bahwa pimpinan UNM sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah dan segenap elemen masyarakat di Kabupaten Pangkep yang telah memberi ruang kepada mahasiswa UNM untuk melakukan kegiatan pengabdian, sebagai salah satu tridharma PT. Sukardi Weda juga menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa yang telah memanfaatkan waktu libur untuk berbuat kepada masyarakat.
Foto Bersama Panitia dan Warga Pangkep (Ist.)

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Ulil Amri mengatakan kegiatan ini merupakan wujud tridarma terutama poin ke-3, pengabdian pada masyarakat dan akan berlangsung dari tanggal 27 Januari – 2 Februari 2020.

Kegiatan Baksos kali ini dirangkaikan dengan berbagai kegiatan, seperti seminar literasi, sosialisasi beasiswa, dialog masyarakat, lomba puisi, tari, dongeng, pertandingan sepak takrow dan volly. Juga ada lomba dangdut dan kasidah, terangnya. Nara sumber dalam seminar adalah pakar pendidikan UNM, Prof. Dr. Arismunandar dan Wakil Dekan 2 FBS UNM, Dr. Muh. Saleh, M.Pd. Adapun nara sumber pada dialog masyarakat adalah Kadis Pertanian Kab. Pangkep, kepala BPBD, dan Kapolres Kab. Pangkep, bebernya.
Ketua HIMAPRODI PBSI FBS UNM, Dedi Risaldi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Pemerintah Daerah dan semua elemen masyarakat yang telah memberi ruang untuk berbakti di desa Manakku, Kec. Labakkang Kabupaten Pangkep
.

“Bakti sosial ini dimaksudkan sebagai wujud gagasan kreatif untuk bersinergi dengan masyarakat,” tuturnya. Kegiatan ini telah telah menjadi agenda tahunan dan telah dilakukan di berbagai kabupaten di Sulawesi Selatan, seperti Kab. Bulukumba, Bone, Soppeng, Selayar, Barru, dan tahun 2020 di Kab. Pangkep. Kabupaten Pangkep terpilih tahun ini menjadi tempat kegiatan mengabdi setelah melalui perdebatan dan adu argumen dalam musyawarah. Kab. Pangkep dipilih karena memiliki banyak potensi yang sangat membanggakan, tuturnya. (*)