Definisi Media Pembelajaran

Ilustrasi (Sumber: google)

Media berasal dari bahasa Latin dengan bentuk jamak medium yang berarti perantara, maksudnya segala sesuatu yang membawa pesan dari suatu sumber untuk disampaikan kepada penerima pesan. Seorang ahli komunikasi Mc Luhan berpendapat bahwa media ialah perpanjangan dari manusia (Mc Luhan, 1966). Maksudnya bahwa pada hakikatnya media telah memperpanjang kemampuan manusia untuk merasakan sesuatu (mendengar, mencium, melihat, dan sebagainya). Kalau kejadian semula dalam batas jarak dan waktu tertentu, kini dengan bantuan sarana itu batasnya menjadi hampir tidak ada.
Dari uraian tersebut dapat kita simpulkan bahwa media dalam pengertian umum merupakan sarana komunikasi. Sedangkan dalam pendidikan ada beberapa beberapa pengertian sebagai berikut:
Association for Education Communication and Technology mendefinisikan media sebagai bentuk yang digunakan untuk penyaluran informasi (AECT, 1977). Berbeda dengan pendapat Briggs (1977), bahwa media pada hakikatnya merupakan peralatan fisik untuk membawakan atau menyempurnakan isi pengajaran. Termasuk di dalamnya ialah buku, video tape, slide suara, uara guru dan perilaku terucap (non verbal). Sebaliknya Gagne (1979) memandang media sebagai salah satu komponen dari suatu sistem penyampaian. Di dalamnya tercakup segala peralatan fisik seperti buku, modul, komputer, slide, dan tape recorder.
int
Ada lagi pendapat yang mengatakan bahwa media adalah sesuatu yang terletak di tengah-tengah, jadi suatu perantara (Bretz, 1971). Ia menghubungkan semua pihak yang membutuhkan terjadinya suatu hubungan. Penulis ini membedakan antara media komukasi dan alat bantu komunikasi. Perbedaan adalah bahwa yang pertama adalah suatu yang berkemampuan untuk keseluruhan informasi dan menggerakkan paling tidak antara pelajaran dan subjek yang dipelajari, sedangkan yang kedua adalah semata-mata penunjang pada penyajian yang dilakukan oleh guru.
Terakhir dapat dikemukakan definisi Gerlach dan Ely (1980) sebagai berikut: media adalah grafik, fotografi, elektronik, atau alat-alat mekanik yang menyajikan informasi lisan atau pandang.
Dari uraian di atas, dapatlah kita simpulkan bahwa dalam arti luas, media adalah setiap orang, bahan atau alat, atau peristiwa yang dapat menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa untuk menerima pengetahuan, keterampilan dan sikap. Dengan demikian sebetulnya dosen, buku ajar, dan lingkungan sekolah adalah media.